Jumat, 10 Maret 2017

Seminar MikroTik SMK Negeri 3 Jombang

Hay !......saya ingin menjelaskan tentang acara pada minggu kemarin yang diadakan di SMKN 3 Jombang. :D
Pada minggu kemarin tepatnya pada hari Minggu tanggal 5 Maret 2017 diadakan seminar mikrotik di SMK Negeri 3 Jombang, acara dimulai dari jam 08.00 – selesai. Seminar di ikuti oleh  Bapak Drs. Gatot Wachid Widarto M.M.Pd sebagai kepala sekolah SMKN 3 Jombang dan juga di hadiri beberapa guru SMKN 3 Jombang. Seperti  Bu Amiroh yang merupakan guru dan juga Kakomli TKJ, dan juga dihadiri oleh beberapa guru - guru lainnya. Antara lain   Bapak Samsul Arifin sebagai Kaprog Elektro dan TKJ, Bapak Winarno Sebagai Guru Elektro Industri, dan Bapak Samsul Huda sebagai guru bangunan. Dan acara ini diisi oleh founder dari PT. IDN yaitu  Bapak Dedy Gunawan sebagai pengisi acara dan pemateri. Dan juga dihadiri siswa jurusan TKJ kelas X, sebagian kelas XI, dan seluruh kelas XII, seminar tersebut memiliki tujuan antara lain :
  1.  Penyerahan sertifikat mikrotik yang merupakan tanda kerja sama antara PT IDN dengan SMKN 3 Jombang
  2.  Memberi motvasi kepada siswa melalui seminar mikrotik
  3.  Potong tumpeng


Apa itu mikrotik ?
MikroTik RouterOS™ merupakan sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network router. MikroTik routerOS sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur-fitur tersebut diantaranya: Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya.
MikroTik routerOS merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard komputer PC (Personal Computer). PC yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan sumber daya PC yang memadai.

Apa itu mikrotik academy?
Mikrotik Academy adalah nama sebuah program dari perusahaan Mikrotik untuk institusi pendidikan di seluruh dunia termasuk Indonesia.
Apa tujuan mikrotik academy?
Tujuan utama dari mikrotik academy adalah sekolah dapat mengadopsi kurikulum MTCNA kedalam kegiatan belajar mengajar.
PT IDN ( Intergasi Data Nusantara )

Kaitannya IDN dengan MikroTik dengan IDN yaitu sebuah lembaga yang menghubungkan dan mempermudah komunikasi antara sekolah SMK Negeri 3 Jombang dengan MikroTik Academy.
Ingin gaji mahal ? Skill mahal apa yang dimiliki ?

Setidaknya anda mempunyai skill yang dapat menarik perusahaan yang dapat merekrut anda sebagai pegawai profesional yang memiliki skill yang beda dengan yang lain.
Saya Murah karena saya tidak punya skill mahal
Walupun  anda punya skill tetapi skill anda itu sudah banyak yang menguasai dan anda tidak punya skill yang lebih, maka anda termasuk murah. Dan anda harus mengembangkan skill anda
Saya murah, karena gak tau mau kerja apa. L


Kalau skill anda sudah banyak yang menguasai anda pasti bingung mau kerja apa. Ya begitu kalau skill anda sudah banyak yang menguasai dan anda tidak mempunyai skill lain yang jauh lebih profesional dan belum banyak yang menguasai, dengan itulah anda banyak yang membutuhkan.
Lakukan apa yang orang lain tidak mau lakukan.


Disaat anda bingung untuk meraih apa yang anda ingin raih, disitulah anda harus berpikir bagaimana caranya anda agar bisa meraih yang anda ingin raih. Dengan mencari apa yang orang lain tidak mau lakukan dan dari situlah kita bisa meraih suatu keberhasilan.
Seperti contoh kisah runtuhnya kerajaan konstatinopel yang dihancurkan oleh pasukan muhammad Al – Fatih

Disamping kiri merupakan gambar benteng dari kerajaan konstatinopel yang sulit ditembus dan dihancurkan oleh lawan.




Disamping kanan merupakan peta kerajaan konstatinopel yang dipenuhi oleh jebakan agar tidak bisa ditembus oleh musuh.



Muhammad Al – Fatih memilih cara yang orang lain tidak bisa lakukan, yaitu dengan cara menaikkan kapal melewati gunung yang tinggi dan kembali ke laut lagi untuk menuju benteng dan menghancurkan benteng. Karena di tanda merah merupakan tempat jebakan rantai besi yang tidak mungkin kapal bisa lewat karena terhambat dan tertarik oleh rantai besi.
Saya murah, karena jumlah jam belajar saya sama dengan yang lain.

Jam belajar anda sama dengan yang lain juga merupakan suatu syarat dari keberhasilan. Karena kalau anda sama dengan yang lain otomatis anda harus siap bersaing dengan yang lain untuk mendapatkan keberhasilan itu.
Saya murah, karena tidak siap kerja.


Disaat anda berada di SMK atau SMA pasti anda di didik untuk menjadi orang yang siap kerja, karena harapannya pada saat keluar dari SMK atau SMA anda sudah siap dalam dunia kerja. Bagaimana kalau tidak siap kerja ? pastinya anda kalah dengan yang lain, karena anda harus siap bersaing skill dan pengetahuan agar terpilih dan siap untuk bekerja.
Saya murah, karena tidak punya keunggulan dari yang lain.


Kita punya skill yang sama dengan yang lain ? dari itu kita harus menggali lagi dan mengembangkan skill kita yang beda dan unggul dari yang lain. Karena di dunia kerja banyak sekali saingan kita yang mempunyai skill yang jauh lebih profesional, tetapi kita juga harus berusaha agar menjadi yang terbaik.
Saya murah, karena hidup belasan tahun tidak punya karya bermanfaat.


Dari skill yang anda punyai karya apa yang sudah anda buat ? bermanfaatkah ? itulah yang juga harus diperhatikan. Anda harus mempunyai suatu karya yang bermanfaat di kalangan masyarakat, karya itulah yang akan membuat kita menjadi lebih gampang dalam mencari kerja.
Saya murah, karena hanya sekedar bisa.

Hanya modal BISA semua orang juga bisa. Tetapi menjadi yang luar biasa itulah yang susah dicari dan tidak semua orang bisa. Karena itulah kita harus meningkatkan kualitas dan kuantitas kerja kita.
Saya murah, karena kalau belajar kurang ini, gak ada itu, suka ngantuk, bosen, males, dll.


Itulah yang menjadi kendala bagi semua orang, karena kebanyakan alesan itulah yang membuat seseorang menjadi kurang berkualitas dan kurang profesional dalam bekerja.
Saya murah, karena PKL asal PKL yang penting dapet tempat PKL.
Saat kalian masih di bangku SMK pasti akan menemui masa dimana kalian harus Praktek Kerja Lapangan yang bertujuan untuk menambah wawasan dan ketrampilan. Apabila kalian cuma asal PKL yang penting dapet tempat buat PKL itu adalah tindakan yang sangat ceroboh. Kenapa ? Karena PKL merupakan acuan kerja bagi kita, bukan Cuma asal PKL saja.


Saya murah, karena tidak tau gambaran dunia kerja industri jaringan.


Sebelum kita memasuki dunia kerja pasti kita sudah mempunyai gambaran tentang kerja apa yang kita mau. Mau kerja yang santai dan enak ? semua orang pasti mau kalau gitu. Gimana yang tidak tahu gambaran dunia kerja khususnya di industri jaringan ? ya..... pastinya tidak mengerti tentang apa yang akan dilakukan pada kerja industri khususnya pada jaringan.
Saya murah, karena gak punya skill berkomunikasi.

Pada saat kalian bekerja khusussnya dibidang jaringan kalian minimal bisa berkomunikasi karena bergunaa untuk berkomunikasi keluar dengan para pelanggan atau client, kalau kalian tidak bisa berkomunikasi kalian tidak akan bisa mendapatkan informasi luar dan yang anda inginkan.
Di atas adalah materi yang disampaikan oleh Bapak Dedi Gunawan, jika ada kesalahan dan kekurangan mohon maaf yang sebesar – besarnya dan harap maklum.
Selain itu ada juga acara pemotongan tumpeng yang potong oleh bapak Drs. Gatot Wachid Widarto, M.M.Pd selaku kepala sekolah SMKN 3 Jombang.
Foto - foto

Potongan pertama diberikan kepada bapak Dedi Gunawan selaku founder PT. IDN.
Penyerahan Router oleh bapak Dedi Gunawan kepada kepala sekolah SMKN 3 Jombang.
Penyerahan sertifikat.
Penyampaian materi dari bapak Dedi Gunawan kepada seluruh Siswa TKJ SMKN 3 Jombang.

Harapan dari seminar
Harapannya menjadi seseorang yang siap bersaing dalam dunia kerja, menjadi tenaga profesional, menjadi orang yang berkompetensi, menjadi orang yang dicari pekerjaan bukan mencari pekerjaan. Lebih bertanggung jawab dan mengerti apa yang harus dilakukan untuk menjadi yang lebih terbaik. Diharapkan menjadi orang yang mampu membawa bangsa Indonesia lebih maju.
Referensi :

sahrul samboler:







0 komentar:

Posting Komentar

FOLLOW US @ INSTAGRAM

@Sahrul.Samboler
Diberdayakan oleh Blogger.

Posh Terbaru

sejarah perkembangan komputer

"Perkembangan Teknologi Komputer" a. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti kegiatan belajar 1 ini siswa diharapkan dapat : 1) Me...

Cari Blog Ini

Follow us

Facebook :
Sahrul Samboler

Instagram : @Sahrul.Samboler

Facebook

Sahrul Samboler

Terakhir Dikunjungi

Popular Posts

Blog Archive